GAMIFICATION dapat
dianalogikan sebagai poin ysng didapatkan di dalam suatu game untuk mendapat
bonus atau hadiah lainnya. Gamification adalah menyatukan suatu masalah
dalam aplikasi non-gamemenjadi memiliki unsur game, sehingga dapat
mengikat penggunanya.
Kata kunci yang
dapat diambil dari pengertian gamification diatas adalah "dapat mengikat
penggunanya", dimana pengguna akan terus ingin memainkan game tersebut
karena dengan memainkan game tersebut maka si pengguna akan mendapatkan
beberapa atau banyak poin tambahan bagi dirinya.
Beberapa contoh penerapan
Gamification yang sudah ada yaitu :
1. Badges, dengan adanya badges karyawan
akan merasa mendapatkan suatu penghargaan atas apa yang dilakukannya, hal ini
serupa dengan selayaknya kompensasi yang ia dapat atas pekerjaan yang
dilakukannya selama 1 bulan waktu kerja. Karena itulah harus adanya suatu
penghargaan agar karyawan merasa dihargai atas apa yang dilakukannya untuk
perusahaan. Contoh penerapannya sendiri apabila dilakukan training untuk
karyawan adalah, 1st Attendance (karyawan pertama yang hadir dalam training),
Speak Out! (karyawan teraktif saat training berlangsung), ataupun juga Best
Group (grup karyawan dalam training terbaik).
2. Leaderboards, menampilkan hasil
pencapaian dari seluruh karyawan antara satu karyawan dengan karyawan yang
lainnya dengan urutan ranking tertinggi dan terendah. Leaderboards sendiri
dapat memacu kompetisi yang positif antar karyawan apabila diterapkan.
3. Quest, selain sebagai arahan atas apa
yang harus dilakukan karyawan dalam training nantinya, quest juga dapat
digunakan oleh pihak HRD sebagai tolak ukur performansi dari karyawan saat
training. Berapa banyak quest yang dapat diselesaikan, dan juga sejauh mana
keberhasilannya saat menjalankan hal tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar