Rabu, 14 Maret 2018

Apa itu Gamification?


GAMIFICATION dapat dianalogikan sebagai poin ysng didapatkan di dalam suatu game untuk mendapat bonus atau hadiah lainnya. Gamification adalah menyatukan suatu masalah dalam aplikasi non-gamemenjadi memiliki unsur game, sehingga dapat mengikat penggunanya.
Kata kunci yang dapat diambil dari pengertian gamification diatas adalah "dapat mengikat penggunanya", dimana pengguna akan terus ingin memainkan game tersebut karena dengan memainkan game tersebut maka si pengguna akan mendapatkan beberapa atau banyak poin tambahan bagi dirinya.

Beberapa contoh penerapan Gamification yang sudah ada yaitu : 
1.      Badges, dengan adanya badges karyawan akan merasa mendapatkan suatu penghargaan atas apa yang dilakukannya, hal ini serupa dengan selayaknya kompensasi yang ia dapat atas pekerjaan yang dilakukannya selama 1 bulan waktu kerja. Karena itulah harus adanya suatu penghargaan agar karyawan merasa dihargai atas apa yang dilakukannya untuk perusahaan. Contoh penerapannya sendiri apabila dilakukan training untuk karyawan adalah, 1st Attendance (karyawan pertama yang hadir dalam training), Speak Out! (karyawan teraktif saat training berlangsung), ataupun juga Best Group (grup karyawan dalam training terbaik).
2.      Leaderboards, menampilkan hasil pencapaian dari seluruh karyawan antara satu karyawan dengan karyawan yang lainnya dengan urutan ranking tertinggi dan terendah. Leaderboards sendiri dapat memacu kompetisi yang positif antar karyawan apabila diterapkan. 
3.      Quest, selain sebagai arahan atas apa yang harus dilakukan karyawan dalam training nantinya, quest juga dapat digunakan oleh pihak HRD sebagai tolak ukur performansi dari karyawan saat training. Berapa banyak quest yang dapat diselesaikan, dan juga sejauh mana keberhasilannya saat menjalankan hal tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar