Assalamualaikum Wr.Wb
Kembali dengan saya Alan Pebriano selaku pemilik blog kecil ini, kali ini saya mendapatkan tugas dari dosen saya untuk membuat artikel mengenai Organisasi dan Arsitektur Komputer. Dalam pembuatan artikel ini saya tanya mbah Google, ternyata banyak artikel mengenai kasus ini, sehingga saya tinggal mencari artikel yang cocok kemudian mencampurkan dan menambahkan beberapa materi dalam pembuatan artikel ini. Langsung saja silahkan di simak gan :D
Kalian pasti yang kuliah atau masuk dalam dunia IT pasti sudah tidak asing dengan Organisasi dan Arsitektur Komputer, dimana di sini membahas semua komponen dan sejarah dalam komputer yang kita gunakan untuk mengerjakan tugas, browsing dan menonton video. Mulai dari awal ksaya akan menjelaskan pengertian dan fungsi fungsinya.
Arsitektur komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program, contoh : set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data (misal bilangan, karakter), aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Arsitektur komputer adalah bagaimana seorang programmer melihat atribut-atribut hardware komputer dalam merancang logika program yang dibuatnya. Sebagai contoh misalkan si programmer ketika akan coding, dia perlu mengetahui apakah pada komputer yang sedangkan digunakannya memiliki instruksi perkalian atau tidak? Bagaimana pengalamatan data di memori? Bagaimana data direpresentasikan? Bagaimana bilangan direpresentasikan? Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan pertanyaan domain arsitektur komputer. Jika dipersempit, maka fokus dari pembelajaran di bidang arsitektur komputer adalah "bagaimana software bekerja pada hardware".
Organisasi komputer berbicara bagaimana mengimplementasikan arsitektur tersebut. Bagaimana unit-unit komputer berjalan dan bagaimana interkoneksinya sehingga komputer dapat berfungsi sesuai strukturnya. Organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer, contoh : sinyal kontrol, prosesor, interface komputer dan peripheral, teknologi memori yang digunakan.
Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.
Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program
contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
# apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
· Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda
· Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi artinya Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.
Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. contoh :
· Semua intel family x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
· Family IBM system/ 370 memiliki arsitektur dasar yang sama
· Organisasi antar versi memiliki perbedaan.
Ilmu yang mempelajari tentang struktur dan fungsi dari Komputer:
1. Mempelajari tentang bagaimana CPU melakukan pekerjaannya
2. Mempelajari tentang bagaimana CPU berhubugan dengan peralatan yang lain dalam menjalankan tugasnya.
3. Mempelajari tentang komponen-komponen apa saja yang ada di dalam CPU
4. Memepelajari bagaimana cara mengatur kerja masing-masing komponen sehingga dapat berfungsi dengan baik.
Tujuan belajar Organisasi dan Arsitektur Komputer:
Mengetahui tentang matakuliah Organisasi dan Arsitektur computer
Mengetahui hubungan antara matakuliah organisasi dan arsitektur komputer dengan matakuliah lain
Dapat memahami dan mengikuti perkembangan komputer
Mengetahui materi yang akan dipelajari pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer
Dapat memahami struktur computer dan masing masing pembentuk struktur computer
Mengethaui berbagai arsitektur perancangan sistem komputer
Dari beberapa sumber,saya dapat tuliskan mengapa kita harus belajar Arsitektur Komputer?
1. User
1. Memahami kemampuan dan batasan system
2. Membuat keputusan yang dibutuhkan
3. Meningkatkan komunikasi dengan Teknologi Informasi secara Profesional
2. System Analyst
1. Melakukan survei, menentukan kelayakan dan menggambarkan kebutuhan pemakai
2. Menentukan system computer untuk memenuhi aplikasi yang butuhkan
3. Programmer
1. Menciptakan aplikasi software yang efesien untuk menentukan prosessor yang perlukan
4. System Administrator / Manager
1. Menginstall, mengkonfigurasi, memperbaiki, dan mengupgrade system computer
2. Memaksimalkan system yang tersedia
3. Mengoptiimalkan performen dari system
4. Menjamin keamanan system
5. Web Designer
1. Mengoptimalkan akses pelanggan dalam layanan web
2. Memahami system administrasi dari layanan web
3. Memilih dengan tepat format data yang digunakan
4. Mendesain halaman web lebih efisien
1. User
1. Memahami kemampuan dan batasan system
2. Membuat keputusan yang dibutuhkan
3. Meningkatkan komunikasi dengan Teknologi Informasi secara Profesional
2. System Analyst
1. Melakukan survei, menentukan kelayakan dan menggambarkan kebutuhan pemakai
2. Menentukan system computer untuk memenuhi aplikasi yang butuhkan
3. Programmer
1. Menciptakan aplikasi software yang efesien untuk menentukan prosessor yang perlukan
4. System Administrator / Manager
1. Menginstall, mengkonfigurasi, memperbaiki, dan mengupgrade system computer
2. Memaksimalkan system yang tersedia
3. Mengoptiimalkan performen dari system
4. Menjamin keamanan system
5. Web Designer
1. Mengoptimalkan akses pelanggan dalam layanan web
2. Memahami system administrasi dari layanan web
3. Memilih dengan tepat format data yang digunakan
4. Mendesain halaman web lebih efisien
Berikut Ilmu yang mempelajari tentang struktur-struktur dan fungsi dari komputer:
1. Mempelajari tentang bagaimana CPU melakukan pekerjaannya
2. Mempelajari tentang bagaimana CPU berhubungan dengan peralatan yang lain dalam
menjalankan tugasnya
3. Mempelajari tentang komponen-komponen apa saja yang ada di dalam CPU
4. Mempelajari bagaimana cara mengatur kerja masing-masing komponen sehingga dapat berfungsi dengan baik.
Perbedaan arsitektur dan organisasi computer
3. Mempelajari tentang komponen-komponen apa saja yang ada di dalam CPU
4. Mempelajari bagaimana cara mengatur kerja masing-masing komponen sehingga dapat berfungsi dengan baik.
Perbedaan arsitektur dan organisasi computer
1. Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak (Visible) bagi seorang program.
Contoh Atribut Arsitektural Adalah : set instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.
2. Organisasi Komputer
Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.
Contoh Atribut Organisasional Adalah : rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang digunakan.
Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.
Contoh Atribut Organisasional Adalah : rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang digunakan.
Struktur dan fungsi komputer
Struktur komputer, Komponen-komponen yang saling berkaitan.
Ada 4 komponen utama dalam struktur komponen:
1. Central Processing Unit
Komponen Utama Dari CPU à Control Unit, ALU, Register, CPU Interconnection
2. Main Memory
Komponen Utama Dari Memory à Internal Memory, dan External Memory
3. Input Output
Komponen Utama Dari I/O à Monitor,Keyboard,mouse dan printer
4. System Interconnection
Komponen Utama Dari SI à Bus data, Bus Alamat, dan Bus Kontrol.
Fungsi komputer, Masing-masing operasi komponen sebagai bagian dari struktur.
Ada 4 fungsi dasar pada sebuah komputer:
1. Pengolah Data (Data Processing)
2. Penyimpan Data (Data Storage)
3. Pemindah Data (Data Movement)
4. Kontrol (Control).
1. Pengolah Data (Data Processing)
2. Penyimpan Data (Data Storage)
3. Pemindah Data (Data Movement)
4. Kontrol (Control).
Ada tiga pengertian yang harus dibedakan yaitu:
1. Mikroprosesor
2. Mikrokomputer
3. Mikrokontroler
1. Mikroprosesor
2. Mikrokomputer
3. Mikrokontroler
Mikroprosesor
Mikroprosesor adalah sustu chip (IC=Integrated Circuits) yang didalamnya terkandung rangkaian ALU (Arithmetic Logic Unit), Rangkaian CU (Control Unit), dan Register-register.
Mikroprosesor disebut juga dengan CPU (Control Processing Unit). ALU menyediakan fungsi pengolahan dan Register penyimpan sementara dalam mikroprosesor.
Mikroprosesor disebut juga dengan CPU (Control Processing Unit). ALU menyediakan fungsi pengolahan dan Register penyimpan sementara dalam mikroprosesor.
Mikrokomputer
Mikrokomputer adalah interkoneksi antara mikroprosesor (CPU) dengan memori utama (Main Memory) dan antar muka Input-Output (I/O Interface) yang dilakukan dengan menggunakan system interkoneksi bus.
Bus merupakan kumpulan konduktor, yang membawa sinyal-sinyal alamat, data dan kontrol
1. Bus alamat, Kumpulan konduktor, yang membawa kode-kode alamat dari mikroprosesor ke unit-unitnya dan memiliki sifat aliran satu arah.
2. Bus Data, Kumpulan Konduktor, yang membawa kode-kode intruksi atau data dari mikroprosesor keunit-unitnya atau sebaliknya, dan memiliki sifat aliran dua arah.
3. Bus kontrol, Kumpulan konduktor yang membawa sinyal-sinyal kontrol.
Main memory
Ada main memori yaitu:
1. ROM (Read Only Memory), Memory yang hanya bisa dibaca.
2. RAM (Random Acces Memory), Memori yang bisa dibaca dan ditulis.
Ada main memori yaitu:
1. ROM (Read Only Memory), Memory yang hanya bisa dibaca.
2. RAM (Random Acces Memory), Memori yang bisa dibaca dan ditulis.
Sejarah dari Generasi Komputer
- KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1941) Pemicu Perang Dunia II Penggunaan Vacum Tube & instruksi menggunakan bahasa mesin ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer) : 18000 tabung, 30 ton.
- KOMPUTER GENERASI KEDUA (1948) Menggunakan Transistor ( IBM 1401 ) Sudah memiliki SO, program, media penyimpan (disket) Munculnya COBOL, FORTRAN n n Software house, programmer, analyst Pemanfaatan pada skala industri
- KOMPUTER GENERASI KETIGA (1958) penggunaan IC (Integrated Circuit ) mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa munculnya chip semikonduktor : gabungan banyak IC dalam 1 chip yang dapat diprogram sesui dengan kebutuhan
- KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1980) Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Mikroprosesor : penggabungan seluruh komponen komputer ( CPU, memori, kendali I/O) dan diprogram sesuai dengan kebutuhan.Munculnya PC
- KOMPUTER GENERASI KELIMA Sudah tidak berorientasi pada kecepatan atau ukuran fisik, namun lebih menonjolkan performance Artificial Intelegence Patern recognation, bioinformatika
Akhir kata,
Wassalamualaikum Wr.Wb
http://hendra-jatnika.web.id/index.php/akdm/know/10-arsitektur-komputer.html
William Stalling, “Computer Organization & Architecture”, Prentice Hall, 2000 q Andrew S. Tanenbaum,” Structured Computer Organization”, Prentice Hall, 1999
Tidak ada komentar:
Posting Komentar